PENERIMAAN KARYA 

TELAH DI BUKA

 

ATURAN AND KETENTUAN

UMUM

BEFF adalah sebuah perayaan dari kekuatan sebuah film untuk menginspirasi, mendidik, dan memotivasi penonton. BEFF menyajikan film dan isu yang meningkatkan kesadaran berbagai macam masalah ekologi, sosial, dan alam yang saling terkait. BEFF berusaha menginspirasi audiens menjadi sadar dan bertindak.

Harapan dari festival ini adalah para penonton, pembuat film dan aktivis lingkungan akan meninggalkan perasaan bahwa mereka dapat menjadi bagian dari solusi untuk masalah lingkungan. Dengan kesadaran publik yang semakin besar akan lingkungan, Festival ini bertujuan untuk meningkatkan landasan ini dengan baik melalui film-film inspiratif dan edukatif yang diharapkan akan memotivasi orang untuk keluar dan membuat perbedaan di komunitas mereka dan di seluruh dunia. Kami melibatkan organisasi lingkungan, pemerintah dan stakeholder melalui festival film dan forum komunitas, di mana mereka dapat berbagi peluang untuk terlibat. Sementara kami akan menampilkan film nasional dan internasional juga nantinya, kami juga berharap untuk menyoroti karya-karya para pembuat film lokal dan menumbuhkan minat dalam pembuatan film lingkungan.

Borneo Environmental Film Festival memiliki lima kategori kompetisi film karya pelajar dan mahasiswa. Kategori tersebut antara lain ;

  • Film Fiksi pendek pelajar
  • Film Fiksi pendek umum
  • Film Dokumenter Pendek pelajar
  • Film Dokumenter Pendek umum
  • Video Promosi KOBAR.

TEMA 

Tema yang diusung oleh BEFF 2019 adalah AIR. Air meruakan salah satu elemen kehidupan yang snagat penting bagi mahluk hidup. Kebradaan air saat ini bisa saja sering diabaikan, namun kami ingin menangkap semangat-semangat pemanfaatan air yang berkelanjutan sehingga bisa mewariskan kebaikan untuk generasi selanjutnya. Adapun sobtopik yang akan ditampilkan diantaranya: 

– Air dan Bencana 

– Air dan Pengelolaan Berkelanjutan 

– Air dan Sanitasi 

– Air dan Biodeversity 

– Air dan Lingkungan 

– Air dan Kelautan 

Film – film yang telah dikirimkan akan melalui tahapan kompetisi. Tahapan kompetisi yang pertama adalah kurasi. Tahapan kurasi dilakukan oleh para kurator yang dipilih langsung oleh penyelenggara. Kurator akan menyeleksi film yang telah memenuhi syarat administrasi. Film – film yang terpilih dalam proses kurasi akan masuk ke tahapan kompetisi yang berikutnya. Tahapan kompetisi yang kedua adalah penjurian. Tahapan penjurian ini merupakan tahapan akhir dari tahapan kompetisi.

TENGGAT PENDAFTARAN

Pendaftaran dan pengiriman film untuk semua kategori ditutup pada tanggal 20 Agustus 2019, pukul 23.59 WIB (GMT+7) (cap pos). 

BIAYA PENDAFTARAN

BEFF  tidak memungut biaya pendaftaran

IZIN PENGGUNAAN FILM

Karya yang didaftarkan ke festival akan diarsipkan oleh BEFF untuk kebutuhan riset dan pemutaran dengan tujuan pendidikan dan bersifat non-profit. Pembuat film akan mendapat pemberitahuan resmi manakala terselenggara pemutaran film untuk publik yang dilakukan setelah masa festival. Isu terkait artikel ini harap segera mengubungi pihak Festival untuk negosiasi lebih lanjut antara pihak terkait.

KEBIJAKAN MATERI FILM 

HAK CIPTA

Materi film yang digunakan tidak melanggar hak cipta. Pelanggaran dan gugatan atas hak cipta terhadap film dokumenter yang diikutsertakan di luar tanggung jawab Festival. Pihak Festival berhak menggugurkan karya yang melanggar hak cipta.

SELEKSI AWAL

Festival menerima materi film dalam bentuk fisik. Film dalam bentuk fisik dikirim melalui flash disk ke alamat kantor festival dan diterima pihak festival paling lambat satu (1) minggu setelah tenggat pendaftaran ditutup.

FILM TERPILIH

Karya yang lolos seleksi wajib mengirimkan materi film baik dalam bentuk flash disk dengan ekstensi [.mov]/ [.mp4] (video codec H.264), ukuran frame 720p dan atau 1080p. Film yang terpilih akan diinfokan melalui email pendaftar.

PERANGKAT MEDIA DAN PUBLIKASI

Pendaftar diharapkan menyertakan perangkat media terkait film apabila ada untuk kebutuhan publikasi. Festival pun memiliki otoritas dalam menggunakan penggalan film (dengan durasi maksimal 3 menit), still images, maupun perangkat-perangkat media lain yang disertakan, untuk keperluan publikasi festival secara offline maupun online baik di dalam katalog, website, maupun material publikasi lainnya.

PENGIRIMAN KARYA

Pendaftar bertanggung jawab untuk biaya pengiriman karya dalam bentuk flash disk, termasuk semua biaya asuransi dan tagihan yang muncul setelahnya. Festival tidak bertanggung jawab atas kerusakan atau kehilangan, kecuali bila terjadi manakala karya sudah diterima oleh pihak festival. Materi film dikirim melalui flash disk dikirimkan ke kantor festival dengan alamat sebagai berikut:

BORNEO ENVIRONMENTAL FILM FESTIVAL
Jl. PRA. KUSUMA YUDHA NO 19, ARUT SELATAN PANGKALAN BUN KOTAWARIGIN BARAT KALIMANTAN TENGAH 74114 

Konfirmasi dan pertanyaan : beff.indonesia@gmail.com

(*Jika film di kirim menggunakan google drive atau perangkat online bisa mencantumkan link download di email beff.indonesia@gmail.com akan tetapi form tetap di scan tandatangan penanggung jawab di atas materai 6000.)

PENGEMBALIAN

Flash disk yang digunakan dalam pengiriman film tidak akan dikembalikan.

SUBMISI FILM

DOKUMENTER PENDEK

KETENTUAN

  • Pendaftaran terbuka untuk pembuat film berkewarganegaraan Indonesia
  • Durasi film dokumenter maksimal 40 menit, termasuk credit-title
  • Tahun produksi 2016-2019

BAHASA DAN SUBTITLE

  • Film wajib menyertakan subtitle dalam Indonesia jika film  menggunakan pengantar bahasa daerah atau asing

 

FIKSI PENDEK

KETENTUAN

  • Pendaftaran
  • terbuka untuk pembuat film berkewarganegaraan Indonesia
  • Durasi film fiksi maksimal 40 menit termasuk credit-title
  • Tahun produksi 2016-2019

BAHASA DAN SUBTITLE

  • Film wajib menyertakan subtitle dalam Indonesia jika film  menggunakan pengantar bahasa daerah atau asing

VIDEO PROMOSI PARIWISATA KOBAR

KETENTUAN

  • Pendaftaran terbuka untuk pembuat film area KOBAR
  • Durasi video maksimal 5 menit termasuk credit-title
  • Tahun produksi 2017-2019

BAHASA DAN SUBTITLE

  • Film wajib menyertakan subtitle dalam Indonesia jika film  menggunakan pengantar bahasa daerah atau asing