NOMINASI

BORNEO ENVIRONMENTAL

FILM FESTIVAL 2018

cover NOMINASI

ORANG UTAN AWARD

BEKANTAN AWARD

OWA-OWA AWARD

ENGGANG AWARD

DOKUMENTER PENDEK

  • Sinopsis

    Sinopsis

    Pelabuhan Bakauheni sebagai pelabuhan yang termasuk sibuk dalam menjalankanaktivitas jasa penyebrangan membuat banyak profesi yang sebenarnya tidak diakuikelegalitasannya semakin marak. Anak Koin contohnya. Beberapa anak lingkungansekitar pelabuhan yang masih dibawah umur sudah menggantungkan hidup mereka pada profesi tersebut. Tanpa memikir panjang tentang akibat bahaya dariatraksi-atraksi mereka yang termasuk liar menjadi keprihatinan tersendiri. Walaupun larangan sudah diberlakukan oleh pihak pelabuhan dan banyak kejadian yang menimpa teman seprofesinya beberapa kali namun para pelaku belum menyadaripenuh akibat buruk yang mungkin akan terjadi. Agus akan membawa kita mengetahui bagaimana kehidupan anak koin sebenarnya.
  • SINOPSIS

    SINOPSIS

    Awalnya, Tommy Irawan adalah pengusaha karet mentah yang cukup terpandang di Kabupaten Merangin, Jambi. Di usia yang relatif muda, untuk mendapatkan uang puluhan juta dalam tempo satu hari pun bisa diperolehnya. Tetapi, ketika harga karet mentah turun drastis, dia menutup bisnis yang dibangun turun temurun. Akhirnya, di saat harga karet turun dan aktivitas penambangan emas mulai marak di Merangin, Tommy menjadi distributor solar untuk alat-alat berat penambangan emas tanpa ijin. Dia mulai sadar pada saat melihat langsung kerusakan lingkungan di lokasi penambangan emas. Pada titik inilah, Tommy Irawan memutuskan untuk meninggalkan usaha ilegalnya itu.
  • SINOPSIS

    SINOPSIS

    Pasar klitikhan adalah ruang alternatf, tidak hanya sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli barang bekas, sebagai ruang publik dan sumber informasi. Toni adalah salah satu orang yang setiap hari beraktifitas di pasar klitikhan, baik sebagai penjual maupun pembeli. Barang dagangan utamanya adalah berbau kertas lawas. Tak jarang ia temukan dokumen dan bukti sejarah kala itu. Ia juga mencari barang-barang tersebut di pengepul sampah. Di tengah pengarsipan negara yang belum baik. Profesi sebagai Toni di Indonesia tidak begitu popular, namun ia tidak sendiri. Museum dan badan arsip sering menggunakan jasa dan barangnya. Mereka adalah mata rantai yang hilang dalam sistem pengarsipan di Indonesia. Film ini bercerita enang benda-benda yang dianggap sampah bagi sebagian orang, tapi bagi Toni adalah kepingan sejarah.
  • SINOPSIS

    SINOPSIS

    Film ini menceritakan tentang sekelompok masyarakat di Desa Pulo Piku yang berbatasan langsung dengan TNGL.Masyarakat dihadapkan pada dilema antara pemenuhan kebutuhan ekonomi melalui perkebunan dengan tetap menjaga hutan TNGL. Sempitnya Area Penggunaan Lain atau APL di desa tersebut memaksa mereka untuk membuka lahan baru, hingga akhirnya merambah masuk dalam KEL. Hal ini disebabkan karena tapal batasnya yang belum jelas.
  • SINOPSIS

    SINOPSIS

    Bekantan sebagai spesies kunci penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem dalam suatu wilayah, maka kepunahannya akan sangat berpengaruh bagi mahluk hidup lainnya, namun kekurangan wawasan serta keperdulian masyarakat akan kelang- sungan hidupnya membuat satwa ini kian terancam kepunahannya

DOKUMENTER PANJANG

  • Sinopsis

    Sinopsis

    Lakardowo, salah satu desa kecil di Mojokerto, Jawa Timur, telah menjadi tempat penimbunan limbah B3 secara illegal oleh pabrik PT. Putra Restu Ibu Abadi (PT. PRIA), timbunan limbah B3 tidak hanya di wilayah pabrik namun merata di pemukiman warga. PT. PRIA merupakan pabrik pengolah dan pemanfaatan limbah B3 dan non B3 se-Jawa Timur dan Bali dengan sengaja menimbun dan membuang limbah B3 sembarangan sehingga merusak lingkungan, sumber air, dan kesehatan masyarakat. Sutamah, Nurasim, Suhan, Heru, Prigi bersama masyarakat Desa Lakardowo lainnya bertekad memperjuangkan hak atas lingkungan sehat yang telah direnggut oleh PT. PRIA dengan turun ke jalan mencari keadilan atas bumi Lakardowo.
  • SINOPSIS

    SINOPSIS

    168 tahun sejak Gubernur Jenderan Rochussen datang ke Pengaron meresmikan tambang pertama di Hindia Belanda “Oranje Nassau” atau “Bentang Emas” pada 28 September 1849 batu bara terus menebar masalah. Perusahaan-perusahaan besar beroperasi di Kalsel, prilaku mereka tak jauh berbeda, bahkan lebih buruk dari Belanda. Film ini berkisan tentang prilaku-prilaku buruk itu dan tentang rakyat yang terus saja direngut hak hidupnya juga tentang asa yang masih ada.

FIKSI PENDEK

  • Sinopsis

    Sinopsis

    Agus bercita cita menjadi petani unggul dengan memilih kuliah di jurusan pertanian. Ayah dan ibunya merestui mimpi agus dan menjual satu-satunya sawah milik mereka
  • SINOPSIS

    SINOPSIS

    Kehidupan seorang janda yang bernama Madewi (40) dan anaknya Putri (10). Mereka hidup di suatu desa yang sangat bergantung dengan alam, sampai pada suatu hari akan ada pembangunan sebuah pabrik di desanya yang membuat Madewi dan warga perempuan melakukan perlawan untuk menolak pembangunan pabrik tersebut, namun berakhir dengan penculikan Madewi dan beberapa perempuan lain.
  • SINOPSIS

    SINOPSIS

    batubara telah langka membuatnya menjadi benda pusaka yang perlu dijaga, ipul beserta ipah pullah dan sauqi mengeluhkan kondisi ekonomi dan kesejahteraan kampung mereka setelah dulu sempat rame karena banyak tambang batu bara
  • SINOPSIS

    SINOPSIS

    Karyo adalah seorang lelaki yang berkerja sebagai pemulung. Larmi adalah istri dari Karyo, dan juga seorang ibu dari indra , Dita , Sari, Aldi, Timo , dan Yusuf . Suatu malam, dibalik pepohonan, Larmi dan Karyo sedang asik bercinta menggunakan kondom yang memang sudah biasa mereka gunakan berkali- kali. Selang beberapa hari kemudian, karyo sedang mencuci kondom bekas ia pakai. Dan ternyata kondom itu bolong. Karyo pun panik. Alhasil, ia harus mencari cara agar Larmi tidak hamil lagi. Memakan nanas, lari-lari, loncat-loncat ia coba asalkan Lami tidak jadi hamil. Di sela-sela usaha mereka untuk menggurkan kandungan, perselisihan mereka pun juga terjadi. Karyo selalu beradu mulut dengan Larmi. Anak-anak mereka pun juga terlihat kebingungan melihat pertengkaran orang tuanya. Semua usaha untuk menggugurkan kandungan ini akhirnya diakhiri dengan membeli alat pendeteksi kehamilan. Dan hasilnya adalah positif.
  • SINOPSIS

    SINOPSIS

    Bercerita tentang kisah hidup Ibu Tua di Minangkabau yang tidak dapat mengelak dari kesendirian dalam menghadapi takdir. Dimulai ketika anak si Ibu tua yang bernama Rabina telah lama merantau meninggalkan kampung, dimana menurut adat Minangkabau merantau tidak perlu dilakukan anak perempuan di Minangkabau. Ibu tua semakin kesepian menjalani takdir dimana suami lebih dulu pergi. Ibu tua tidak mengharapkan apapun, hanya menginginkan sosok seorang anak perempuan yang kelak dapat menjadi Bundo Kanduang penjaga harta pusaka untuk keturunanya.

VIDEO PROMOSI 

  • Sinopsis

    Sinopsis

    Seorang pemuda yang bermimpi bedara di daerah kaya pesona alam dan budaya. Pemuda ini mereasa dia ada di surga dan dalam mimpinya dia berjalan-jalan, melihat dan merasakan keluarbiasaan tuhan di Kalimantan Tengah
  • SINOPSIS

    SINOPSIS

    Bercerita tentang seorang turing yng mengeksplore beberapa tempat di kalimantan dan mendapat pesan serta pelajaran dari setiap tempat yang di datanginya
  • Petualangan di Kalimantan {Jelajah Hutan Mangrove - Sungai Pinang}
    Kumpulan stock perjalanan menyusuri alam kalimantan di Hutan mangrove- sungai pinang

PEMENANG

BORNEO ENVIRONMENTAL

FILM FESTIVAL 2018

PEMENANG